Rabu, 09 Januari 2013

2012 (part 1)



Bismillahirrahmanirrahim...
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Juni 2012-Januari 2013, 7 bulan tidak menyapa blog ini setelah 3 postingan pertama. Terinsiprasi dari beberapa blog teman yang terus update walaupun tulisannya singkat-singkat (tapi tetap berbobot), saya pun ingin membuat postingan untuk blog ijo ini, ingin sedikit mengekspresikan dunia saya dengan kata-kata saya *eaaaa....


Untuk bagian pertama ini saya akan sedikit bercerita pengalaman enam bulan pertama di tahun 2012. Kalo sinetron ada Cinta F*tr* season 1 s/d 7, kalo di blog ini cukup ada kisah Indri season 1 dan season 2


Masih bulan januari awal, gak ada salahnya untuk kembali melihat satu tahun ke belakang, tahun 2012. Tahun yang didalamnya saya lalui suka duka bersama orang-orang di sekitar saya, dan hingga kini, tak henti-hentinya saya bersyukur berada di sekitar dan mengenal mereka semua. Gak akan mungkin dideskripsikan day by day. Kali ini hanya ada beberapa momen subhanallah begitu membenak selama 2012, yang jelas setiap hari pasti berkesan buat saya.


Dimulai dari bulan Januari hingga Maret, bulan-bulan terakhir saya di holy jail tercinta, MAN Insan Cendekia Gorontalo yang sungguh luar biasa menjadikan saya seperti sekarang ini (memangnya jadi apa? Biarlah ini menjadi rahasia hha). Di bulan-bulan itu saya dan angkatan 13 GALAX13 menjalani try out UN dan mulai galau dengan pilihan universitas , bolak-balik konsultasi dengan para guru untuk menentukan tempat dan jurusan untuk kuliah. Belum lagi sibuk dengan persiapan wisuda, mulai dari konsep acara, kostum wisudawan, penyusunan Buku Tahunan Sekolah dll. (padahal yang satu ini masih lama, tapi karena ini puncak dari perjalanan 3 tahun kami, akhirnya kami merelakan waktu untuk momen yang ditunggu-tunggu ini).


suasana belajar sebelum Try Out UN
April 2012, detik-detik menjelang Ujian Nasional 16-19 April 2012, di waktu-waktu ini kesolidan di antara kami anggota GALAX13 semakin terasa (serius?). Inilah puncak perjuangan kami untuk masa SMA kami, walaupun setelah UN masih ada tes SNMPTN, tapi sensasi saat UN tetap berbeda. 
Silaturahmi dengan adik-adik di Panti Asuhan sebelum UN


16 April 2012, detik-detik sebelum ujian nasional hari pertama

Bulan April yang sangat berkesan, suka duka saya dapatkan selama bukan April ini, satu hari sesudah Ujian Nasional, 20 April 2012 Papa berpulang ke Rahmatullah (lengkapnya bisa dibaca di postingan sebelumnya, catatan kecil pasca UN). Subhanallah walhamdulillah wa innalillah, kepergian beliau meninggalkan banyak cerita dan hikmah. Tak pernah ada yang pergi dari hati, karena beliau selalu menjadi bagian hidup saya. Sampai saat ini, senyum terakhirnya selalu menjadi pegangan saya untuk melangkah, beliau sudah tenang dan kita anak-anaknya harus meneruskan cita-cita beliau. Satu minggu setelah berpulangnya Papa, saya harus kembali ke sekolah saya tercinta ICG untuk meneruskan bimbingan pelajaran persiapan SNMPTN, jujur saat itu semangat saya menguap sebagian, mengingat nanti saya akan meninggalkan Mama di rumah jika memilih untuk melanjutkan studi di luar sulawesi (baca: Jawa). Tapi surat terakhir dari Papa kembali membangkitkan semangat (postingan sebelumnya: surat terakhir dari papa)


Mei 2012, selama bulan ini yang menjadi agenda saya di ICG adalah persiapan wisuda, bimbingan belajar dan menjadi anggota redaksi majalah tahunan sekolah IMAGE, sebuah project sekolah yang vakum sejak penerbitan terakhir di tahun 2009. Saya alhamdulillah dipercayakan untuk memimpin teman-teman dalam proses penyusunan dan kami selama bulan Mei menguasai laboratorium komputer di Gedung Pendidikan lantai 2 untuk project ini :D. 
IMAGE crew :)
Ada satu hari spesial di bulan mei, yaitu hari Sabtu tanggal 26 Mei 2012, pengumuman hasil Ujian Nasional SMA/MA tahun 2012. Subhanallah walhamdulillah angkatan kami diberikan kelulusan 100%. Sebuah anugerah dan rezeki untuk saya, saya adalah salah satu peraih  nilai sempurna untuk Ujian Nasional Matematika jurusan IPS, saya kembali teringat dengan surat Papa yang didalamnya ada do’a dan harapan agar saya bisa meraih nilai sempurna. Pengumuman ini dirayakan dengan melambungkan almamater biru kebanggaan Insan Cendekia, sujud syukur di lapangan MAN ICG, dan setelah itu teman-teman ikhwan menceburkan diri ke Kolam Renang yang airnya baru terisi sekitar 35%. Euphoria hari itu belum selesai, malamnya ada kabar bahwa SNMPTN Undangan akan diumumkan malam ini pukul 18.00, sontak kami berburu laptop untuk melihat pengumuman secara online, dan lagi-lagi anugerah dan rezeki Allah menaungi saya hari itu, saya dinyatakan diterima sebagai mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya jalur Undangan. Fakultas yang dianjurkan oleh Papa beberapa bulan sebelumnya, dan alhamdulillah satu lagi cita-cita beliau dapat saya wujudkan.
Euphoria Kelulusan Angkatan 13 MAN ICG

Juni 2012, bulan terakhir di postingan bagian pertama ini. Di awal bulan ini, 2 Juni 2012, angkatan 13 dinyatakan sebagai lulusan MAN Insan Cendekia Gorontalo setelah prosesi wisuda.  Dan setelah hari ini, anggota GALAX13 mulai meninggalkan kampus ICG dan kembali ke daerah asalnya untuk persiapan melanjutkan studi di perguruan tinggi. 3 tahun kebersamaan di lingkungan kampus tentunya bukan waktu yang cepat. Mendengar cerita dari teman-teman yang pulang dengan pesawat udara, rombongan GALAX13 sempat membuat suasana di maskapai menjadi mengharu biru saat transit di Makassar dan Surabaya. 
Wisuda Angkatan 13 Man Insan Cendekia Gorontalo :)

Di bulan juni juga, saya menginjakkan kaki kembali di Malang (bukan untuk liburan seperti pada tahun 2010 silam, tapi untuk menuntut ilmu sebagai mahasiswi). Proses registrasi di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya mengawali perjalanan saya di bangku kuliah... to be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar